Bakoel RSMG adalah kegiatan bagi-bagi nasi bungkus yang dilakukan oleh Karyawan RS Muhammadiyah Gresik. Pemberian nama Bakoel sendiri bukan tanpa alasan, karna penamaan tersebut dari akronim Bagi- bagi Sekul (Nasi dalam bahasa jawa :red) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ini bermula dari gagasan dr. Imam Suyuthi, Sp. An yang mana beliau melihat di Kota Gresik banyak masyarakat yang hidup dibawah kemiskinan. Sehingga terbersit niat untuk membantu mereka yang membutuhkan. Alhamdulillah atas izin Allah setelah dilakukan koordinasi dengan manajemen RS Muhammadiyah Gresik, lahirlah program Bakoel RSMG.

Kegiatan Bakoel RSMG dilakukan setiap Hari Jum’at di awal bulan. Pemilihan Hari Jum’at tentunya bukan tanpa sebab karena bersedekah di Hari Jum’at merupakan hari yang dimuliakan dalam Islam. Dan tanpa terasa tahun ini Kegiatan Bakoel RSMG sudah berjalan selama 4 tahun. Adapun dalam pelaksanaan Bakoel RSMG ini tentunya dilaksanakan oleh Karyawan RS Muhammadiyah Gresik.

Pembagian nasi bungkus diprioritaskan pada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Gresik Kota dan sekitarnya. Tukang becak, pemulung, juru parkir dan juga tuna wisma adalah segelintir contoh yang mendapat prioritas dalam program ini.

Tujuan utama kegiatan Bakoel RSMG adalah untuk mengamalkan Teologi Surat Al- Maun, yang mana hal tersebut selaras dengan tujuan KH. Ahmad Dahlan dalam membangun PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem). Rasulullah dengan jelas mengungkapkan bahwa orang-orang yang gemar bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir.

Semoga Allah senantiasa memudahkan kita dalam menunaikan sedekah serta memberikan maaf serta rezeki bagi kita semua. Aamiin.

“Jangan berbahagia dengan apa yang didapat, berbahagialah dengan apa yang dapat kita bagikan”. Bakoel RSMG

#BakoelRSMG #bagi-baginasi #RSMAJatim #rsmuhammadiyah #rsgresik #rsswasta #RSMuhammadiyahGresik #AyoperiksonakRSMG